7 Contoh Pemuaian dan Penyusutan karena Perubahan Suhu


Berikut 7 Contoh Pemuaian dan Penyusutan karena Perubahan Suhu yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari

1. Pemuaian pada Kaca Jendela
Jika desain bingkai jendela tidak diberi ruang pemuaian, maka ketika terkena panas akan mengakibatkan kaca menjadi retak atau bahkan pecah. Selain itu juga untuk menghindari keretakan kaca saat ada bunyi yang menggelegar seperti ketika ada petir dan bunyi keras lainnya.
(gambar jendela)
2. Ban sepeda/motor/mobil dan balon
Jika ban sepeda, ban sepeda motor, ban mobil, dan balon diisi udara terlalu banyak sehingga keras, kemudian terkena panas secara terus menerus maka akan meletus karena udara yang ada di dalam ban dan balon tersebut memuai.
(gambar ban sepeda)
3. Kawat/kabel listrik dan telepon
Teknisi PLN/teknisi telepon selalu memasang kawat/kabelnya dengan keadaan kendur (terlihat bergelombang). Hal ini dilakukan dengan tujuan agar kawat/kabel tidak putus pada malam hari ketika mengalamai penyusutan. Selain itu juga bertujuan mengurangi potensi putusnya kabel/kawat jika tertimpa pohon.
(kabel PLN)
4. Pemuaian yang terjadi pada gelas kaca
Apabila ada gelas atau piring yang terbuat dari kaca dituangi air panas maka akan terjadi pemuaian yang sangat cepat dan tidak merata sehingga gelas/piring tersebut berpotensi pecah. Hal ini sering terjadi jika piring/gelas dalam keadaan basah (setelah dicuci). Bagi Anda yang ingin membuat minuman susu panas, sebaiknya menggunakan gelas yang sudah kering, sehingga dapat mencegah pemuaian yang tidak merata.
(gelas dituang air panas)
5. Pemuaian pada tutup botol minuman
Jika ada sebuah tutup botol minuman sulit untuk dibuka, maka dapat dipanaskan sehingga tutup botol tersebut memuai menjadi longgar sehingga mudah dibuka.
(tutup botol minuman)
6. Pemuaian pada sambungan rel kereta api
Sambungan pada rel kereta api dibuat ada celah antara dua batang rel tersebut dengan tujuan untuk memberikan ruang muai sehingga saat terkena panas rel tersebut tidak melengkung.
(sambungan rel kereta)
7. Penggunaan termometer
Jika termometer ditempelkan ke tubuh kita, maka cairan yang ada di dalamnya akan naik karena memuai terkena oleh panasnya tubuh kita, sebaliknya jika dilepas akan turun.
(termometer)
Sumber: https://www.websitependidikan.com dengan beberapa perubahan.

0 Response to "7 Contoh Pemuaian dan Penyusutan karena Perubahan Suhu"

Post a Comment